-->
  • About
  • Contact
  • Sitemap
  • Indeks
  • Disclaimer
  • Cara Membuat Blog SEO

S-PUTAR iNFO

Blog Tutorial Komputer,Blog,Seo,Adsense,dll

Iklan

Blog Archive

  • ►  2018 (16)
    • ►  April 2018 (1)
    • ►  March 2018 (15)
  • ►  2017 (10)
    • ►  December 2017 (3)
    • ►  November 2017 (1)
    • ►  October 2017 (3)
    • ►  September 2017 (2)
    • ►  January 2017 (1)
  • ▼  2016 (21)
    • ►  December 2016 (3)
    • ▼  November 2016 (1)
      • Cara Membuat Surat Masal / Mail Merge Pada Microso...
    • ►  September 2016 (3)
    • ►  April 2016 (1)
    • ►  March 2016 (10)
    • ►  February 2016 (1)
    • ►  January 2016 (2)
  • ►  2015 (31)
    • ►  December 2015 (4)
    • ►  November 2015 (1)
    • ►  June 2015 (4)
    • ►  May 2015 (2)
    • ►  February 2015 (8)
    • ►  January 2015 (12)
  • ►  2014 (47)
    • ►  December 2014 (16)
    • ►  November 2014 (11)
    • ►  October 2014 (20)

Translate

  • Home

My Profile

My photo
Elias Sulpinus Tarigan
View my complete profile

Popular Post

  • 6 Elemen Yang Harus Ada Pada Blog Anda!

Jangan Dibaca !

7 Cara Meningkatkan Traffic Pengunjung Blog Dengan Segudang Cara

TRAFFIC BLOG?? Okee Jumpa Lagi. Disini saya akan share tutorial cara meningkatkan traffic pengunjung Blog. Sebelumnya kalian harus m...

Followers

  • Home
  • About
  • Kontak
  • Sitemap
  • Galeri
  • Dropdown Menu ▼
    • Sub Menu1
    • Sub Menu2
    • Sub Menu3
    • Sub Menu4
    • Sub Menu5
  • Blogging

November 10, 2016

Home » Microsoft Office » Cara Membuat Surat Masal / Mail Merge Pada Microsoft Word

Cara Membuat Surat Masal / Mail Merge Pada Microsoft Word

  Elias Sulpinus Tarigan     November 10, 2016

Cara Cara Membuat Surat Masal (Mail Merge) di Word Menggunakan Sumber Data Dari Excel 

 Cara Membuat Mail Merge di Word Menggunakan Sumber Data Dari Excel, Lebih Praktis!!

Cara Sederhana Membuat Mail Merge di Word 2007, 2010, 2013

Kali ini saya masih akan memberikan tutorial tentang mail merge, tetapi dengan teknik yang berbeda dan menurut saya cara yang satu ini lebih praktis. Seperti biasa, untuk membuat mail merge, kita membutuhkan dua file yaitu dokumen utama dan sumber data.
  • Dokumen utama, merupakan satu file yang isinya merupakan naskah utama.
  • Sumber Data, merupakan file yang digunakan untuk menyimpan data yang nantikan akan dimasukan ke naskah utama tadi. Bisa menggunakan excel, access, dll.
Pada tutorial ini saya membuat file sumber data (source data) menggunakan Microsoft Office Excel. Saya merasa dengan menggunakan Excel sebagai sumber datanya pekerjaan menjadi lebih cepat, praktis, dan mudah (mungkin karena sudah familiar dengan excel ketimbang aplikasi lain seperti Ms. Access). Karena familiar, saya bisa:
  1. Lebih mudah mengontrol data dan menambah data baru
  2. Lebih mudah membaca data pada lembar kerja Excel, dengan begitu saya lebih mudah memperbaiki jika terdapat kekeliruan.
  3. Dan masih banyak lagi kemudahan lainnya. 

Langkah-langkah membuat mail merge dengan data dari Excel

Biasanya saya menggunakan mail merge ini untuk membuat surat masal. Namun pada tutorial ini, saya memanfaatkan mail merge untuk pembuatan biodata.

Step 1: Buat file sumber datanya (source data)

Buatlah data yang kamu ingin masukkan nanti pada naskah utama. Kemudian simpan file tersebut dengan nama sumber data atau sesuai keinginan kamu.
Cara Membuat Mail Merge di Word Menggunakan Sumber Data Dari Excel, Lebih Praktis!!

Step 2: Buat naskah utamanya

Buatlah dokumen master pada Ms. Word dan jangan lupa beri jarak untuk tempat menaruh data yang diinput pada excel sebelumnya.
Cara Membuat Mail Merge di Word Menggunakan Sumber Data Dari Excel, Lebih Praktis!!

Step 3: Menghubungkan Dokumen Master (word) dan Sumber Data (excel)

  1. Buka menu Maillings, kemudian pada grup Start Mail Merge klik Select Recipients, lalu pilih Use Existing List…

Cara Membuat Mail Merge di Word Menggunakan Sumber Data Dari Excel, Lebih Praktis!!
2. Pilih dokumen excel yang berisi sumber data tadi.
3. Jika muncul kotak dialog Select Table, pilihlah lembar kerja yang berisi data untuk mail merge. Biasanya berada pada sheet1. Namun jika kamu mengerjakannya di sheet2, maka pilih yang sheet2$. Jangan lupa untuk memberi tanda centang pada First row of data contains column headers. Setelah itu klik OK.

 Cara Membuat Mail Merge di Word Menggunakan Sumber Data Dari Excel, Lebih Praktis!!
4. Kedua file sudah terhubung, sekarang kita letakan data pada masing-masing tempatnya.
5. Letakan kursor di bagian Nama, kemudian pada Insert Merge Field klik opsi Nama.
6. Lakukan hal serpeti itu untuk posisi data lainnya.
7. Nanti akan tampil field seperti gambar di bawah ini.
Cara Membuat Mail Merge di Word Menggunakan Sumber Data Dari Excel, Lebih Praktis!!
8. Untuk melihat hasilnya, klik preview result. Gunakan index number untuk melihat hasil pada data yang lain.
Cara Membuat Mail Merge di Word Menggunakan Sumber Data Dari Excel, Lebih Praktis!!

Step Akhir: Menyimpan dan Mencetak

Cara Membuat Mail Merge di Word Menggunakan Sumber Data Dari Excel, Lebih Praktis!!
Jika kamu ingin mencetak dokumen ini atau menyimpannya dalam bentuk dokumen baru, kamu bisa menggunakan Finish & Merge. Akan ada beberapa opsi.
  • Edit Individual Documents, jika ingin menyimpannya dalam bentuk file baru. (file akan berisi beberapa halaman sesuai dengan jumlah data yang ada pada file excel).
  • Print Documents, jika ingin mencetak langsung dokumen.

Tambahan Penting:

Jika terdapat tambahan data baru pada dokumen excel, kamu bisa meng-update data pada word dengan cara:
Klik Edit Recipients List


Cara Membuat Mail Merge di Word Menggunakan Sumber Data Dari Excel, Lebih Praktis!!
Klik file Data Source-nya, lalu refresh. Setelah ter-update klik OK.
Cara Membuat Mail Merge di Word Menggunakan Sumber Data Dari Excel, Lebih Praktis!!
Gimana, lebih mudah kan? Semoga berguna.


Sumber      : www.pintarkomputer.com
Microsoft Excel Microsoft Word





Artikel Terbaru

  • Cara Install Genymotion (Emulator Android) di Linux Ubuntu
  • Cara Membuat Keystore dan Release APK untuk Publish ke Play Store
  • Cara Install Apache, PHP, MySQL, dan phpMyAdmin di Ubuntu
  • Cara Install Android Studio di Linux Ubuntu
  • Cara Screenshot Login dan Lock Screen di Windows 10 Tanpa Aplikasi
  • Cara Membuat Banyak Aplikasi Berjalan Saat Startup di Windows 10
  • Cara Membatasi Pemakaian Bandwith Untuk Update di Windows 10
By Elias Sulpinus Tarigan di November 10, 2016
Label: Microsoft Office
  • Cara Cara Membuat Surat Masal (Mail Merge) di Word Menggunakan Sumber Data Dari Excel

No comments:

Post a Comment

Sekian Semoga Bermanfaat..Saya Doain Blog Anda Semakin Jaya :)
Jika Ada Pertanyaan Silahkan Coment. Mari Sharing :D

Recent Posts

  • Template Blog SEO Starter Itu Responsive Mobile Friendly
  • Twitter Card - Meta Tags Agar Posting Tampil Bagus Share di Twitter
  • Skor Speed GT Metrix Template Blog SEO Starter: A
  • Skor SEO Chkme Template SEO Starter 100 Persen, Mantap!
  • Hasil Tes Google Structured Data Testing-Tool - No Error, Gak Ada Masalah

Popular Posts

  • Roda Kehidupan
  • Kata Kata Bijak Kehidupan Untuk Motivasi Kita 2017
  • Cara Mengobati Penyakit Panu Dengan Obat Alami
  • 20+ Cara Jitu mengatasi komputer/laptop Lemot
  • Billing ExplorerDeskpro 2007

Labels

Biling Explorer BLOG SOBAT Blogging Cara Jitu Drama India Drama Indonesia Drama Korea Drama Turki Gaya Hidup Java Kesehatan Microsoft Office Motivasi Movie Operating System Pengetahuan Pengobatan Sejarah SEO Template Blog Tips and Trik Toturial Trik Blog Trik Komputer Trik Seo TUTORIAL BLOGGER Tutorial Komputer Tutorial Ms Office UML Use Case Wisata

About

SEO Starter is SEO and Mobile Friendy Blogger Template. Responsive Sesuai dengan Rekomendasi Google

Web Links

  • Blogger Platform
  • CMS WordPress
  • Facebook
  • Microblogging
  • Manchester United

Follow by Email

Subsribe to get post update from this blog in your email inbox.

Copyright © 2025 S-PUTAR iNFO. All rights reserved. Template by Romeltea Media